Wednesday 29 July 2015

Kegiatan yang Keren dan Cocok untuk Mengisi MOS ( Masa Orientasi Siswa )

Halo halo hai..
Kalian yang udah SMA atau SMP, pasti penah mengalami yang namanya MOS. Bagaimana pengalaman MOS mu? Menyenangkan? atau malah menjengkelkan? kalau saya ada senang ada jengkelnya juga. Senangnya bisa kenal dengan teman baru, kakak kelas, lingkungan, dan guru-guru serta karyawan. Jengkelnya? jadwalnya padat, pulang sore, banyak tugas, banyak barang bawaan yang sebenernya gak penting sama sekali. Bawa makanan? ujung-ujungnya juga gak kemakan, eneg sama seniornya hehe :D Kali ini saya akan menuliskan isi kepala saya, yaitu seperti judul di atas, " Kegiatan yang Keren dan Cocok untuk Mengisi MOS ( Masa Orientasi Siswa ) ". Oke langsung saja...

Yang pertama adalah Kerja Bakti. Yups kerja bakti atau istilah gampangnya bersih bersih sangat banyak manfaatnya loh. Hampir semua aspek ada manfaatnya. Misalnya, dari segi kebersihan, tentu lingkungan akan semakin bersih dan bebas dari sampah maupun kotoran. Dari segi keindahan lingkungan terlihat semakin rapi dan enak dilihat. Selain itu ada juga menumbuhkan rasa kebersamaan, karena dilakukan bersama teman seperjuangan. Eits, masih ada bonusnya lagi yaitu SEHAT !!! selain karena faktor lingkungan, kerja bakti juga membutuhkan tenaga, otomatis kalori terbakar tuh. Cocok banget bagi cewek yang rempong masalah berat badan hehe, rajn rajin aja kerja bakti.

Yang kedua adalah GAMES. Biasanya anak anak baru suka sama yang ginian :D apalagi kalau gamesnya jenis baru dan belum pernah pernah dilakukan sebelumnya. Manfaat dari kegiatan ini adalah siswa baru diajarkan koordinasi dengan temannya. Selain itu ada unsur hiburan dalam kegiatan ini.

Yang ketiga adalah ajang apresiasi seni. Kakak kakak panitia MOS bisa juga mengadakan sub acara ini. Cukup sederhana saja, tidak perlu bermewah mewahan supaya biayanya irit, kalau mau bagus gapapa juga sih biar meriah :D Siswa baru dibentuk kelompok lalu diperintahkan untuk memberikan sebuah pertunjukan atau karya seni yang telah mereka siapkan sebelum tampil. Bisa dalam bentuk seni rupa (jarang sih) seni tari, seni musik, drama, musikalisasi puisi, dll. Selain terhibur, bakat dari siswa barupun dapat tersalurkan dngan baik.

Yang keempat adalah bakti sosial atau baksos. Ajak siswa baru untuk peduli terhadap sesama. Kakak kakak panitia dapat meminta sumbangan atau barang bekas dari siswa baru yang sekiranya tidak memberatkan, lalu mengajak mereka untuk berkeliling ke sekitar lingkungan sekolah untuk mendistribusikan sumbangan mereka :) .


Sekian, dan terima kasih :D :D :D
Rendi Adiansa

No comments:

Post a Comment