Friday 1 January 2016

Perbandingan Kualitas Keyboard Menurut Pandangan Amatir Saya hehe

Salam.
Perkenalkan sebelumnya, saya Rendi mahasiswa baru di Kota Jember. Ditengah kesibukan saya sebagai pelajar sy masih menyempatkan diri untuk menggeluti hobi musik saya, terutama keyboard atau orang bilang piano,orgen,kibot atau apa lah :D
Meskipun sy orang yang awam di dunia musik tapi diam diam sy juga mengamati kualitas dari alat musik tersebut mulai dari pengoperasiannya, desain, dan kualitas suaranya. Merek-merek yang pernah saya coba antara lain Yamaha, Korg, Roland, Casio, Medeli. Dari saya kelas 3 SD sudah pernah coba puluhan tipe keyboard dari merek merek tersebut hehe. Ada yang saya rasa mantab, ada juga yang masih kurang nendang suaranya.

Yang pertama saya ulas adalah merek Yamaha. Merek ini paling banyak tipe yang sudah saya coba antara lain
PSR 173 340 350 450 550 520 620 730 s710 s910 s750 e203 e433
dari pengalaman saya coba tipe diatas saya puas dengan desainnya, user interfacenya, penggunaannya mudah dipahami, sound pianonya bagus. Mekipun agak tipis, tapi natural, tutsnya juga nyaman. Dari segi body keyboard yamaha desainnya paling bagus menurut saya, bobotnya juga ringan. Namun ada juga kekurangannya, untuk tipe lama suara akustiknya 'lucu' menurut saya. Style etnik Indonesia seperti campursari dan dangdut kurang beragam dan sound kendang, tabla kurang menarik menurut saya, kecuali tipe S750 yang sudah support sampling.

KORG
Tipe korg yang sudah pernah saya coba PA500 Pa50 Pa50SD
Pertama saya pegang keyboard korg ketika kelas 3 SMP. Pertama saya coba pa500, saya langsung kagum dengan fiturnya yang sudah support SD card dan touchscreen. Ketiga tipe korg diatas memiliki kualitas suara yang cenderung sama. Suaranya nendang, style dangdutnya OK dan beragam, mudah dicari. Keyboard korg ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau jika kita lihat kemampuannya.

to be continued

No comments:

Post a Comment